Ringkasan Materi Ujian Nasional Bahasa Inggris SMP (SKL 2010): Reading & Writing

1. READING
Tips dalam membaca:
1st: membaca cepat (scanning)
2nd: perhatikan bentuk soal/pertanyaan

A. Bentuk soal:
1) Question test, (using: what, when, where, who, whom, whose, which, why, how, ect)
    WH + modal + S + Verb + Complement) jwbnya: pd klmt itu / sblm or ssdhnya.
    What + does + paragraph/text + talk about? means asking for main idea.
     Jwb: main idea (paragraph) lies on 1st sentence or the last.
     Main idea (reading) lies on combination of each paragraph’s main ideas (dominant)

2) Statement test, (asking Main idea :”Paragraph …. Talks about …” or “The text above tell us about …”)

3) Inference test, (asking reference: “…” refers to ….” Or “what does the word “…” refer to? )
    Jwb: terletak pd benda/kata yang terdapat pada kata/kalimat sebelumnya.

4) Interpretation test (Interprestasi berupa sinonim atau antonym dr kata yang ditanyakan)

B. Kemampuan yang diuji:
1. Menentukan gambaran umum dr suatu teks (Pikiran utama tiap paragaf/yg dominan)
2. Menentukan pikiran utama dari suatu paragaf (pikiran utama pd 1st sentence / the last)
3. Menentukan informasi rinci tersurat dari suatu teks. (lihat Verb + Complement dan cari dmn
    letaknya: bs pd klmt itu sndiri/sebelum /sesudahnya)
4. Menentukan informasi tersirat dari suatu teks. (menyimpulkan dari info implicit)
5. Menentukan rujukan kata dari suatu teks. (cr kata yg bs menggantikan kata yg ditanyakan/ carilah
    pd kalimat sebelumnya.)
6. Menentukan makna kata suatu teks (cari makna kata yang sesuai/sinonim/antonim).

C. Bentuk Teks
A. Teks Esai (Deskriptif, Report, Recount, narrative, procedure)
1) Deskriptif (bertujuan: mendeskripsikan orang/benda/tempat tertentu)
    Struktur: Identification : pendahuluan ttg yang dideskripsikan
    Description : ciri2 orang/benda/tempat
    Ciri2 teks: 1. Focus pd sesuatu, 2. Simple present tense, 3. To be
    Cth teks : krakatau, gedung DPR, etc

2) Report (menceritakan sesuatu secara umum ttg fenomena alam, buatan, / social di sekitar kita)
    Struktur: General Clasification : pendahuluan berupa klasikasi umum ttg yg akan diceritakan
    Description : menerangkan fenomena tsb spt: bagian2, kualitas, & perilaku)
    Ciri2 teks: 1. Simple present tense (kecuali punah – past T), 2. Verb action
    Cth teks: ATM (info umum, deskripsi fungsinya)

3) Recount (kejadian wkt lampau untuk informasi/menghibur)
    Struktur: Orientation : pendahuluan ttg tokoh, apa, dmn, kpn peristiwa terjadi.
    Events : rangkaian peristiwa yang telah terjadi.
    Re-orientation :  rangkuman/penutup.
    Ciri2 teks: 1. Simple past tense, 2. Conjunction (before, after, then )
    Cth teks: pergi Holiday/vacation, msk RS, etc

4) Narrative (cerita imajinasi untuk menghibur)
    Struktur : Orientation : opening, introducing characters, dmn, kpn terjadi.
    Complication : munculnya konflik/masalah.
    Resolution : pemecahan masalah (penutup)
    Ciri2 teks: 1. Simple past tense, 2. Dimulai dg ket. Waktu : long time ago, once upon time, etc.,

3. Conjunction: before, after, then, etc.
    Cth: Sangkuriang, asal kota Banyuwangi, Wolf & goat, etc

5) Procedure (menjelaskan bagaimana membuat/melakukan sst melalui serangkaian langkah/kegiatan)
    Struktur : Aim/Goal: tujuan teks/judul
    Materials : bahan/alat yang diperlukan
    Steps: langkah2 untuk melalukan/membuat sst.
   Ciri2 teks: 1. Simple present tense, 2. Penghubung temporal (first, 2nd, then, next, finally, etc)

3. Kalimat imperative
    Cth teks: The basic operation of a digital camera, how to make a delicious omelet, etc

B. Teks Fungsional Pendek
1) Notice/Caution (info or peringatan u/ khalayak umum)
    Cth NOTICE : “Do not throw trash in toilet”

2) Greeting card (kartu ucapan/pesan informasi u memberikan ucapan ttt pd orang lain)
    Cth: ultah, wisuda, etc.

3) Short message (info/pesan u/ seseorang kr tdk dpt bertemu langsung)
    Cth: sms, short note/letter.

4) Invitation (undangan: info/pesan u/ mengundang seseorang pd acr ttt).
    Cth: kartu undangan ultah, wedding, brosur, etc.

5) Announcement (pengumuman: pemberitaan ttg sst agar diketahui orang banyak)
    Cth: brosur, pamlet, etc

6) Advertisement (iklan: bertujuan membujuk khalayak umum u/ membeli/menggunakan brg/jasa
    yang ditawarkan).
    Cth: iklan hotel, brg dagangan, etc.

7) Letter (Surat: pesan tertulis yg dikirm u/ seseorang)
    Cth: surat kpd tmn, ortu/sdr, etc.

8) Label (Teks yg terdpt pd produk u member info ttg produk tsb)
    Cth: label obat, minyak, etc.


2. WRITING
Kemampuan yang diuji:
a. Menentukan kata yg tepat u/ melengkapi teks pendek.
b. Menentukan susunan kata yg tepat u/ membuat kalimat.

Tips u/ mengurutkan kata-kata acak:
1) Lihat struktur: positif/Tanya
2) Cari Subject
3) Cari Verb (lihat Tense)
4) Temukan Object (lihat article/determiner)
5) Tentukan Adverb of time

c. Menentukan susunan kalimat yg tepat u/ membuat paragraph

Tips u/ mengurutkan kalimat-kalimat acak:
1) Tentukan kalimat pendahuluan: ttg perkenalan/pendahuluan hal yg ditulis
2) Lihat Conjunction/kata penghubung (biasanya menghubungkan 2 peristiwa/ hal berurutan)
3) U/ teks narrative & recount: perhatikan adverb of time yg mengindikasikan urutan waktu
4) u/ teks descriptive, report, & procedure: perhatikan pengulangan kata yg digunakan pd kalimat berikutnya
    untuk menunjukkan adanya kaitan dg klmt sblumnya.
5) Perhatikan kalimat penutup

No comments:

Post a Comment

The Story of Ciderella

Lesson 1 (Introduction)

Lesson 2 (Verbs)

أخاك أخاك إن مَنْ لا أخا له === كَساعٍ إلى الهيجا بغير سلاح * Literal meaning: Your brother your brother for that who has no brother; is like a person rushing to battle without a weapon. * Metaphoric meaning: be good to your brothers/friends/family because you need them for support as much as they need you